Cara Agar Fikiran Tetap Fokus Pada Pekerjaan

3:12 PM
Ada kalanya pikiran Anda tidak terfokus karena satu dan lain hal, entah rekan kerja yang berisik atau godaan internet super kencang misalnya. Satu atau dua kali mungkin masih terhitung wajar, tetapi jika sudah berkali-kali dan mengganggu konsentrasi Anda menyelesaikan pekerjaan maka Anda harus segera memperbaiki pola kerja Anda. Berikut cara yang dapat Anda terapkan:

  • Menentukan target yang jelas
    Buat daftar target yang akan Anda capai dalam satu minggu dan urutkan prioritasnya. Tinjau ulang pencapaian Anda tiap pagi dan tentukan secara realistis target yang akan Anda capai hari itu. Misalnya, Anda akan menyelesaikan 3 tahap dalam suatu proyek.
     
  • Bekerja dengan metode sesi
    Konsentrasi Anda akan menurun seiring lamanya Anda bekerja. Agar optimal, bekerjalah dengan metode sesi dan tentukan lamanya masing-masing sesi, idealnya satu sampai dua jam penuh. Beristirahatlah setiap sesi berakhir. Atur ulang fokus Anda dengan melakukan peregangan, mendengarkan musik atau makan.
     
  • Menghindar dari semua hal yang mengganggu
    Disadari atau tidak, lingkungan di mana Anda bekerja penuh dengan gangguan. Surat elektronik, telepon kantor, ponsel dan bahkan teman kantor bisa merusak fokus Anda. Jika Anda mengerjakan sesuatu yang butuh fokus penuh, cobalah untuk mencari ruangan yang sunyi, ruang pertemuan misalnya.
     
  • Mengatur jadwal untuk ‘terganggu’
    Bekerja juga membutuhkan selingan agar pikiran Anda segar dan tidak merasa bosan. Namun, akan menjadi tidak bagus jika selingan terlalu sering Anda lakukan. Buatlah selingan tersebut sebagai hadiah setelah mencapai target pekerjaan Anda.
     
  • Berlatih melawan gangguan
    Meditasi adalah cara yang baik melatih fokus Anda melawan gangguan. Jika Anda tidak suka dengan meditasi, Anda bisa mencoba melakukan hanya satu hal pada waktu yang sama. Misalnya, tidak membaca Koran saat Anda mengecek surel, atau tidak bermain ponsel saat meeting di kantor.
  • Kenali diri sendiri
    Mulailah mengetahui faktor internal yang menyebabkan Anda terganggu: Kapan dan bagaimana diri Anda merasa kehilangan fokus. Apakah itu karena lapar, mengantuk, bosan, atau hal lainnya? Temukan juga cara mengatasinya. Mungkin dengan secangkir kopi, bermain mini game sejenak atau lainnya. Hanya Anda yang tahu caranya.
  • Memanfaatkan teknologi
    Kemajuan teknologi membuat hidup manusia menjadi mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak beredar di internet yang dapat berfungsi menjadi pengingat agar Anda bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Namun, jangan biarkan piranti-piranti tersebut justru membuat Anda terganggu.

Sumber : http://www.livingwell.co.id/

0 comments

loading...
loading...