Punyai 'Pilar' Ini agar Penyandang Diabetes Bisa Hidup Lebih Sehat

8:09 AM


Diabetes atau seringnya dikenal dengan penyakit gula merupakan penyakit yang mengintai semua orang. Bukan hanya mereka yang memiliki turunan diabetes, namun juga mereka yang tidak menjaga pola hidupnya dengan baik bisa berisiko diabetes. Lalu, apa saja sih 'pilar' yang harus dimiliki penyandang diabetes?

Seorang dokter yang sekaligus pengidap diabetes, dr Mohammad Firas yang ditemui di kawasan Jakarta Pusat, memaparkan bahwa diabetes dapat dimiliki oleh mereka yang masih anak-anak , dewasa maupun lansia.

"Anak usia 2-3 tahun bisa kena. Yang usia pubertas yaitu usia belasan juga bisa. Apalagi mereka yang memiliki usia tua," ujarnya.

Dokter berusia 31 tahun itu menjelaskan bahwa penyebab diabetes adalah gangguan pada organ pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Padahal, insulin memiliki peran yang sangat besar untuk mengatur jumlah gula dalam darah.

Jika gula darah sudah diatas 126 mg/dl maka sudah termasuk kadar yang tinggi, sehingga rentan menyandang diabetes. Oleh sebab itu, dr Firas memaparkan beberapa 'pilar' yang bisa dilakukan oleh pengidap diabetes.



Monitoring kadar gula darah menjadi keutamaan yang dilakukan untuk mereka pengidap diabetes. Selain itu, perencanaan makanan dan aktivitas fisik yang dilakukan merupakan hal yang penting.

Jenis dan jumlah asupan makan pada diabetisi harus dijaga guna menjaga gula darah stabil. "Aktivitas fisik harus dilakukan sejak kecil. Ajari anak untuk aktif bergerak , jangan hanya duduk saja. Apalagi kalau anak itu obesitas dan punya turunan diabetes," ungkap dr. Firas.

Disiplin dalam konsumsi obat atau insulin merupakan pilar keempat yang bisa dilakukan oleh penyandang diabetes. Selain itu, edukasi harus dilakukan untuk memperluas pengetahuan mengenai diabetes.

"Edukasi ini sering dilupakan, padahal penting. Bukan hanya untuk pasiennya, keluarganya juga harus tau tentang diabetes," ujar dr. Firas, seperti ditulis pada Jumat (1/5/2015).

Dengan edukasi, ia meyakini bahwa diabetes bisa dicegah karena orang-orang menjadi tahu fakta pasti mengenai diabetes. Di samping itu, peran keluarga juga penting untuk memberi dukungan pada penyandang diabetes.

Sumber : detik.com

0 comments

loading...
loading...