Pria Ini Klaim Sebagai Penemu Pertama Tongkat Selfie

8:22 AM



Selfie stick atau tongkat narsis (tongsis) kini menjadi salah satu aksesori yang cukup digemari pencinta gadget, terutama mereka yang hobi berfoto selfie. Fenomena tongsis ini pun kemudian melahirkan inovasi-inovasi baru. Tidak hanya tongkat untuk memotret dari depan tapi juga belfie, yaitu tongsis yang bisa memotret dari belakang.

Usut punya usut, tongsis ternyata telah eksis sejak era '80-an. Adalah Hiroshi Ueda, yang mengklaim sebagai penemu tongsis pertama di dunia. Pria yang berprofesi sebagai fotografer yang juga teknisi di perusahaan kamera Minolta mengatakan bahwa ide menciptakan tongsis muncul saat ia liburan bersama sang istri ke Paris, sekitar 30 tahun lalu.

Seperti dikutip dari Daily Mail, kala itu Hiroshi meminta seorang anak untuk memotret dirinya dan istri di depan museum Louvre di Paris, Prancis. Bukannya mendapatkan hasil foto yang memuaskan, kamera Hiroshi justru dibawa lari. Pengalaman pahit saat liburan itu akhirnya membuat Hiroshi memutar otak untuk menciptakan tongkat dengan sekrup tripod di ujungnya. 

Saat itu, nama alat ini bukan selfie stick atau tongkat narsis seperti yang dikenal banyak orang saat ini. Hiroshi menyebutnya 'extender stick' atau tongkat pemanjang. Alat ini didesain agar bisa digunakan untuk kamera pocket yang sedang dikembangkan kala itu.

Ide cemerlang Hiroshi tak sampai di situ. Dia juga menambahkan cermin di depan kamera sehingga fotografer atau orang yang memotret bisa melihat posisi dan ekspresi yang akan diambil fotonya. Pada 1983, Hiroshi mematenkan produk ciptaannya itu namun gagal mendulang sukses karena foto yang dihasilkan dari memotret dengan extender stick kurang bagus kualitasnya. Namun Hiroshi tetap menggunakan tongkat tersebut untuk membuat album kumpulan foto-foto keluarga.

"Ide untuk memotret diri sendiri sangat baru saat itu. Maksud dari penciptaan alat ini karena saya tidak mau bergantung pada orang lain untuk mengambil foto. Saya bisa memotret diri sendiri dimanapun dan kapanpun saya suka," ujar Hiroshi kepada BBC.

Sekarang, 30 tahun setelah Hiroshi menciptakannya, tongsis menjadi sangat populer. Digunakan oleh hampir semua kalangan mulai dari orang awam hingga selebriti. Aksesori gadget ini juga populer di kalangan traveler untuk memotret gambar mereka sendiri di depan objek wisata terkenal juga restoran.

Tongsis modern di era sekarang juga mengalami banyak modifikasi. Salah satunya dilengkapi Bluetooth yang terhubung dengan smartphone, sehingga Anda tak perlu menggunakan timertapi cukup dengan menekan 'remote control' Bluetooth.

Wayne Fromm, merupakan orang yang pertamakali membuat tongsis jadi lebih simplebentuknya dan mudah digunakan. Pada awal 2000, pria asal Kanada ini mengembangkanselfie stick yang dia sebut Quik Pod. Ide selfie pun sebenarnya bukanlah hal baru, tapi sudah ada sejak dulu. Timer dan pemicu tombol kamera untuk memotret sendiri telah ditemukan sejak puluhan tahun lalu.

Sumber : detik.com

0 comments

loading...
loading...