6 Lagu Kehilangan, untuk Mengenang Orang yang Kita Cintai

9:23 AM

Mungkin tak ada yang tak pernah merasakan kehilangan. Entah kehilangan kekasih, anak, orangtua, teman, atau siapapun, terkadang takdir memang tak menyenangkan.
Memikirkannya saja mungkin kita tak sanggup, kehilangan orang yang sangat berarti di hidup kita. Seperti kehilangan separuh jiwa, bagaikan bernafas tanpa udara, bagaikan berteriak tanpa suara.
Namun takdir punya caranya sendiri, untuk kita meniti mimpi. Meski hancur dalam hati, jangan padamkan secercah cahaya yang tersisa. Setidaknya bukan untuk kita, namun untuk mereka yang kita cintai di sana.
Mengenang mereka yang kita cintai, yang jejaknya tak mungkin menghilang dari sanubari,Liputan6.com telah merangkum enam lagu pilihan yang berkisah tentang kehilangan.
1. Lirih - Ari Lasso
Single milik Ari Lasso yang rilis 2006 lalu ini, sesuai judulnya, memang terasa lirih saat didengarkan. Diciptakan oleh Sandy Canester, lagu yang mengeksploitasi range vokal panjang si penyanyi berhasil dibawakan dengan pas dan emosional oleh Ari Lasso. Meski mungkin Anda tidak sedang merasa sedih, Anda tetap akan merasakan emosi yang terkandung dalam lagu ini. "Kukenang dirimu," tutup lirik lagu ini.
2. Merindukanmu - D masiv
Merindukanmu merupakan lagu yang tak banyak bermetafora namun langsung mengena tanpa terdengar murahan. Jujur dan apa adanya, Merindukanmu berkisah tentang rasa rindu seseorang yang kehilangan tanpa tahu dimana dia berada. Pasrah, dan gundah.
3. Rahasia Hati - Element
Rahasia Hati mungkin adalah lagu paling populer dari band yang beranggotak sejumlah coverboy ini. Dengan aransemen ala Aerosmith dan Bon Jovi, namun dengan lagu dasar yang lebih cengeng, lagu ini berhasil menjadi hits beberapa waktu silam. Dengan lirik sederhana dan sedikit gombal, Element berhasil mengangfkat perasaan terdalam seorang yang sedang kehilangan menjadi sebuah lagu.
4. Mengenangmu - Kerispatih
Kerispatih, terutama Badai, memang jagonya meracik lagu-lagu galau. Mengenangmu merupakan lagu rock balad dengan aransemen full, memadukan vokal powerfull milik vokalis lamanya Sammy dengan lirik dan nada emosional. Sarat akan kesedihan, mungkin semua setuju kalau lagu ini bercerita tentang kematian seseorang yang kita cintai.
5. Rapuh - Agnes Monica
Rapuh merupakan salah satu single balada sendu populer dari Agnes Monica sebelum ia lebih memilih `go international` dengan mengusung warna musik RnB kekinian yang lebih populer di blantika musik dunia. Dalam lagu ini, seperti dalam lagu-lagu sendu lainnya yang dinyanyikan oleh Agnes Monica, menyajikan vokal yang kuat dan emosional, mengekploitasi falseto si penyanyi.
6. Anyer 10 Maret
Anyer 10 Maret merupakan lagu yang berada di album ke tiga Slank berjudul Piss yang dirilis pada 1993. Meski lagu Anyer 10 Maret bukan lagu andalan Slank di album tersebut, namun lagu ciptaan Bimbim ini punya tempat tersendiri di hati para Slankers.
Anyer 10 Maret merupakan lagu bertema kehilangan yang musiknya hanya diisi dengan permainan piano Indra Q. Lengkingan suara Kaka di lagu ini semakin menambah beratnya duka dan rasa kehilangan akan seseorang.
Dalam sebuah majalah, Bimbim sempat mengungkap cerita di balik lagu Anyer 10 Maret.10 Maret adalah hari ulang tahun Kaka Slank. Untuk merayakan ultah Kaka,  Bimbim bersama Kaka, Opie Andaresta dan dua orang teman berlibur ke salah satu berlibur kesukaan mereka, Anyer.
Di pantai, Kaka dan Bimbim, dua orang yang memang sangat dekat ini, saling curhatmengenai masalah asmara mereka. Bimbim memendam rasa ridnu karena sudah dua tahun tak bertemu kekasih yang sekolah di Amerika Serikat. Sedangkan Kaka baru putus dengan sang pacar karena tak disetujui orangtua.
"Nah, karena nggak punya pasangan, gue berdua sama Kaka pergi ke pantai untuk mencurahkan perasaan. Sampai-sampai nangis segala. Kita minum-minum sampai puas di pinggir pantai. Sambil meratapi kesedihan, gue dan Kaka coba-coba genjrang-genjreng bikin lagu. Sampai pagi lho! Gue inget banget, begitu kelar bikin lagu, botol minuman bekas semalam gue lempar ke tengah laut," aku Bimbim.
Sumber : liputan6.com

0 comments

loading...
loading...