Kontrol emosi dan amarah dengan 6 cara jitu ini

2:58 AM

Rasa marah dan emosi merupakan ekspresi normal dari manusia. Malahan, jika rasa marah dan emosi ini tidak diungkapkan dapat menyebabkan ledakan emosi yang lebih besar. Namun di sisi lain, ketika Anda tidak bisa mengontrol amarah Anda maka bisa terjadi masalah besar baik di tempat kerja maupun dalam hubungan pribadi Anda.

Berikut adalah cara paling jitu untuk mengontrol rasa marah seperti dilansir dari healthmeup.com.



Menarik napas dalam-dalam
Ketika ada sesuatu yang mengganggu dan mengusik emosi Anda, maka segera tarik napas secara mendalam. Cara ini bermanfaat agar saraf vagus di otak menyampaikan pesan ke tubuh Anda untuk membuat otot menjadi rileks. Proses ini mampu berlangsung secara efisien ketika Anda melakukannya dengan menghitung sampai hitungan 10.



Positive-self talk
Positive-self talk adalah saat Anda mengatakan hal-hal yang positif pada diri Anda. Beritahukan pada diri Anda bahwa hal ini bukanlah masalah besar dan bisa Anda lalui. Sehingga Anda pun lebih bisa mengontrol emosi.



Mendengarkan musik
Salah satu cara terbaik dan termudah untuk meredakan emosi dan amarah adalah dengan mendengarkan musik favorit Anda. Musik akan membantu Anda untuk mengalihkan pikiran dari situasi yang tidak menyenangkan serta mampu merevitalisasi pikiran Anda.



Melakukan aktivitas fisik
Aktivitas fisik mampu memberikan jalan keluar bagi emosi Anda terutama jika Anda tidak dapat mengendalikan amarah Anda. Melakukan kegiatan fisik seper

ti berolahraga, jalan cepat, atau jenis olahraga favorit lainnya akan membuat Anda merasa lebih baik.



Meditasi
Setelah menarik napas dalam-dalam, cobalah untuk melakukan meditasi. Meditasi akan membuat Anda lebih tenang serta memungkinkan Anda untuk memproses emosi yang sedang terjadi dalam diri Anda.



Berdamai dengan diri sendiri
Berdamai dengan diri sendiri akan membuat Anda menjadi lebih tenang. Anda pun bisa melihat semua kesulitan dari sudut pandang yang berbeda dan menyadari bahwa hal sulit yang Anda hadapi bukanlah sesuatu yang besar.



Emosi dan amarah memang manusiawi untuk dilakukan. Namun Anda harus belajar untuk mengontrolnya. Jangan sampai Anda mendapatkan kesulitan karena emosi dan amarah Anda.

Via : Merdeka.com

0 comments

loading...
loading...