Manfaat Daun Pepaya

1:50 PM
Daun Pepaya mungkin bukan hal yang langkah buat kita semua hampir semua daerah di indonesia di tumbuhi oleh pohon pepaya jadi tak asing lagi buat kita semua, pohon pepaya yang banyak tumbuh di sekeliling kita ini ternya mempunyai banyak manfaat, mari kita lihat apa apa saja manfaat dari daun pepaya tersebut.

1. Melancarkan Pencernaan
Bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus. Anda dapat membuatnya sebagai pecel atau mengolah daun pepaya tersebut menjadi tumis untuk mendapatkan manfaat daun pepaya untuk mengatasi masalah pecernaan.

2. Mencegah Kanker
Salah satu manfaat daun pepaya adalah mampu mencegah penyakit kanker, penyakit yang sampai saat ini paling sulit disembuhkan. Percaya atau tidak, mengkonsumsi daun pepaya yang sudah dimasak ternyata dapat melawan penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena daun pepaya memiliki getah putih yang merupakan zat anti kanker. Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin terkena kanker, ini saatnya untuk mulai rajin mengkonsumsi daun pepaya.

3. Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

4. Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya ambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

5. Mengobati Nyeri Haid
Campuran daun pepaya dan asam jawa, cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri akibat dtang bulan. Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi
Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengkonsumsi masakan daun pepaya juga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan alami di dalam daun pepaya dapat membuat gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

7. Melancarkan ASI
Bagi para ibu yang sedang menyusui, tidak hanya daun katuk saja yang dapat meningkatkan produksi asi karena daun pepaya ternyata juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI secara alami. Caranya, siapkan empat lembar daun pepaya yang masih muda. Letakkan di atas api hingga daun layu. Setelah itu, tempelkan daun pepaya saat masih hangat di atas kedua payudara ibu dan bukan di bagian puting.

8. Kekurangan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya kaya dengan vitamin dan mineral. Jika balita anda mengalami kekurangan nutrisi gunakan daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.


Sumber : http://www.konsultankolesterol.com/ & http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/

0 comments

loading...
loading...