Studi: Lampu Menyala Saat Tidur Gagalkan Diet

11:43 AM

Cahaya terang akan memperlambat pembakaran kalori.


Sudah berusaha sebisa mungkin diet, namun berat badan tak kunjung berkurang? Mungkin saja ada yang Anda lewatkan. Salah satu yang terlewatkan adalah fakta bahwa tidur dengan lampu menyala, bisa membuat kita susah menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian menyatakan, bahwa jumlah cahaya yang terlalu banyak saat tidur, dapat memperlambat proses pembakaran kalori dalam tubuh, yang membuat Anda sulit menurunkan berat badan. Hasil ini diperoleh setelah para peneliti dari Leiden University Medical Center melakukan pengamatan yang menunjukkan hasil demikian. 

Dikutip dari Dailymail, akses cahaya di waktu tidur dapat mengganggu siklus istirahat tubuh yang berdampak pada melambatnya proses pembakaran kalori dalam tubuh. "Akses cahaya apapun, termasuk cahaya dari layar ponsel pintar Anda, bisa menjadi penyebab dari gagalnya diet yang selama ini dilakukan," ujar Richard Stevens, salah satu peneliti. 

Tidur dengan keadaan gelap, adalah solusi baik yang bisa membantu proses pembakaran kalori  dalam tubuh ketika kita sedang tidur. Dengan suasana lebih gelap, tidur juga bisa menjadi lebih nyaman tanpa gangguan. Hal ini karena, tidur dengan suasana gelap dapat secara total mengistirahatkan otak, dan mambuat bangun lebih segar.

Selain itu, semakin berkurang akses pada cahaya saat tidur, juga akan semakin menjauhkan Anda dari risiko berbagai penyakit,seperti insomnia, depresi, kanker, hingga obesitas. Untuk itu, biasakanlah tidur dengan lampu mati dan hindarilah mengakses ponsel ketika waktunya beristirahat.

Sumber : viva.co.id

0 comments

loading...
loading...