Sejarah Awal Mula Lahirnya McDonald Sampai Sekarang

Sejarah Awal Mula Lahirnya McDonald Sampai Sekarang


McDonald

adalah salah satu restoran yang paling sukses saat ini. Restoran cepat saji itu dibangun sejak tahun 1948 dan mampu bertahan dan bertambah banyak sampai sekarang. Mcdonald dimulai pada tahun 1940, sebagai sebuah restoran yang dibuka oleh dua orang bersaudara Richard dan Maurice McDonald di San Bernardino, California. Pengenalan mereka terhadap Layanan "Speedee Sistem" membuat didirikannya prinsip-prinsip restoran cepat saji modern pada tahun 1948. Pada tahun 1954, Ray Kroc, seorang penjual mesin Multimixer milkshake, mempelajari bahwa Richard dan Maurice (Dick dan Mac) McDonald menggunakan delapan Multimixers berteknologi tinggi di restoran mereka. Rasa ingin tahunya itu terusik, dan ia pergi ke San Bernardino untuk melihat di restoran McDonalds.

McDonald bersaudara sebenarnya telah terjun dalam bisnis restoran sejak 1937, yaitu restoran drive-in. Pada tahun 1948, mereka menutup layanan drive-in untuk mendirikan operasi streamline Ray Kroc pada tahun 1954. Menu yang disediakan sangat sederhana: hamburger, cheeseburger, kentang goreng, shake, minuman ringan, dan pai apel. Layanan carhops dieliminasi untuk membuat McDonald's menjadi beroperasi secara mandiri. 

Mac dan Dick McDonald memberikan perhatian besar dalam menyiapkan dapur mereka seperti jalur perakitan di pabrik, untuk menjamin efisiensi yang maksimal.Ray Kroc yakin bahwa formula McDonald adalah tiket menuju sukses, dia kemudian menyarankan kepada McDonald bersaudara untuk melakukan waralaba pada restoran mereka di seluruh negeri. Ketika mereka ragu-ragu untuk mengambil ini beban tambahan, Kroc sukarela melakukannya untuk mereka. Dia kembali ke rumahnya di luar Chicago dengan hak untuk mendirikan restoran McDonald's di seluruh negara, kecuali di beberapa wilayah di California dan Arizona telah dilisensi oleh McDonald bersaudara. 

Baca Juga : Sejarah Listrik

Kroc membuka restoran McDonald pertamanya di Des Plaines, Illinois, dekat Chicago, pada tanggal 15 April 1955, pada hari yang sama Kroc menggabungkan perusahaannya menjadi McDonald's Corporation. Setelah restoran Des Plaines beroperasi, Kroc beerusaha untuk membangun rantai waralaba McDonald's. Halangan pertama datang dengan cepat. Pada tahun 1956 ia menemukan bahwa McDonald bersaudara telah memberikan lisensi hak waralaba untuk Cook County, Illinois kepada Frejlack Ice Cream Company. 

Kroc sangat marah bahwa McDonalds tidak memberitahukannya mengenai hal ini. Dia membeli kembali hak waralaba terbut sebesar $ 25.000, lima kali apa yang Frejlacks awalnya dibayar dan mendesak maju. McDonald's kemudian tumbuh perlahan-lahan untuk tiga tahun pertama. Pada 1958, ada 34 restoran. Pada tahun 1959, Kroc membuka 67 restoran baru, sehingga total menjadi 101 lokasi.

[Sumber]

0 comments

loading...
loading...