Cara mendapatkan tidur yang berkualitas

12:20 AM
Kali ini saya akan membahas tidur yang berkualitas dan bagaiman cara agar tidur kita berkualitas. kadang kita tidur lebih dari 8Jam tapi pada saat bangun bukannya tubuh kita makin fit tapi malah lemas dan tak bersemangat ada juga yang tidur cuman 5 jam malah pada saat bangun merasa lebih fit dan semangat, sedikit saya akan berikan tips - tips bagaimana kita dapat tidur yang berkualitas agar pada saat bangun tubuh kita lebih semangat menjalani hari dan bekerja lebih fokus :

      1. Berolahraga

Gangguan tidur ringan dapat diatasi dengan berolahraga selama 40 menit, dua kali seminggu. Dengan rajin berolahraga, kualitas tidur akan meningkat, durasi tidur bertambah, dan badan pun lebih segar ketika terjaga. Namun, olahraga sebaiknya dilakukan 6 jam sebelum tidur, karena olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda terjaga.


     2. Berendam di air hangat



Berendam (bukan mandi dengan shower) 90 menit sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh. Selanjutnya suhu tubuh akan menurun dan Anda pun cepat  terlelap.

  

    3. Pastikan lampu kamar anda padam


Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita. Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.
    4. Menetapkan jadwal tidur malam
Jadwalkan waktu tidur dan bangun anda setiap hari, bahkan diakhir pekan atau hari libur anda. Membuat jadwal tidur yang baik akan membantu anda dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Bila anda terbangun di sela tidur anda, usahakan untuk tetap bertahan di tempat tidur anda. Bila anda beranjak dan melakukan aktivitas maka dikhawatirkan akan kesulitan untuk tidur dan menganggu waktu tidur malam anda.
   5. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat
Apabila anda tertidur dengan perut yang lapar atau terlalu kenyang maka akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Anda dapat membatasi  minum sebelum tidur untuk menghindari terbangun ingin buang air kecil. Begitu pula dengan minuaman yang mengandung kafein yang akan menghambat kualitas tidur anda terganggu. Hindari mengkonsumsi makanan minimal 30-45 menit sebelum anda tertidur.
  6. Membatasi tidur siang
Tidur lama di siang hari dapat mengganggu tidur malam anda, terutama apabila anda mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari. Jika Anda memilih untuk tidur di siang hari, batasi diri sekitar 10 sampai 30 menit.
  7. Suasana Hening
Pernah saya menonton jika ternyata pada saat kita tidur dan mendengarkan lagu atau tv kita yang masih menyala dapat mengganggu kebugaran kita pada saat bangun di karenakan otak kita yang masih beraktifitas melalui telinga yang menangkap suara - suara tersebut. Kita dapat menyetel TV dan Pemutar musik kita dengan mengatur timer setengah atau sejam sebelum tidur.
Sedikit Informasi dari saya semoga Bermanfaat :)       

0 comments

loading...
loading...