Chevrolet didirikan oleh Louis Chevrolet dan William C Durrant. pada tahun 1910. Pada tahun 1910 itu Louis Chevrolet adalah seorang pembalap, yang lahir di Las Chaux de Fonds, Switzerland, sementara William Durant adalah pendiri General Motors, yang terpaksa keluar dari GM pada tahun 1910 dan ingin memakai rancangan dari Louis Chevrolet untuk membangun kembali reputasinya dan menggunakan kekuatan daya tarik Louis Chevrolet untuk membangun kembali industri otomotivenya.
Sebagai pimpinan Buick Motor Company sebelum mendirikan GM, Durant telah menyewa Chevrolet untuk mengendarai Buicks untuk promosi balapnya.
Kemudian pada tanggal 3 November 1911, Chevrolet memasuki pasar mobile dan bersaing dengan Ford model T.A. Beberapa tahun kemudian,Classic Six diperkenalkan kepada masyarakat otomotive. Classic Six adalah mobil 5 penumpang jenis sedan turing yang dipersenjatai dengan mesin 4.6 Liter, enam silinder segaris yang mampu berlari sampai maksimum 104 Km perjam. Pada saat itu termasukkendaraan super cepat…!!!
Chevrolet pertama kali mengunakan logo “bowtie” pada tahun 1913. Logo ini katanya didisain oleh Durant saat dia melihat “wallpaper” pada salah satu hotel di Paris. Tetapi ada teori lain yang mengatakan bahwa logo itu di re-disain dari tanda silang pada bendera Negara Swiss, karena Louis Chevrolet dari Switzerland. Namun apapun beritanya, logo Chevrolet telah begitu mendunia dan identik dengan General Motor.
Pada tahun 1915 Durant mengadakan perjalanan ke Ontario, Canada untuk menjajagi kemungkinan untuk memproduksi Chevrolet di Canada. Setelah mengadakan pertemuan dengan “Kolonel Sam” McLaughlin, pemilik perakitan mobil McLaughlin Motor Car Company yang memproduksi McLaughlin-Buick dan menyetujui untuk bekerja sama mendirikan Chevrolet Motor Company, Canada yang di operasikan oleh McLaughlin yang akan memproduksi mobil-mobil Chevrolet di Canada. Tiga tahun kemudian dua perusahan otomotive Canada di beli oleh General Motors yang diberi nama General Motors Canada Ltd.
Pada tahun 1916 Chevrolet telah meraup keuntungan yang lebih dari cukup bagi Durant untuk membeli mayoritas saham share di General Motors. Setelah persetujuan disepakati pada tahun 1917, Durant menjadi President General Motors dan Chevrolet kemudian merger dengan General Motors, menjadi divisi yang berdiri sendiri. Pada tahun 1918 Chevrolet memperkenalkan Roadster model V-8 dengan 4 penumpang dan model turing dengan 5 penumpang. Kendaraan itu menggendong mesin dengan 288 ci (cubic inchi) yang berdaya 35 tenaga kuda dengan karburator Zenith dengan transmisi 3 percepatan.
Pada tahun 1955 Chevrolet kembali memperkenalkan model dengan mesin V-8 pintar yang sangat terkenal yang pernah dibuat. Mesin ini berkapasitas 265 ci (cubic inchi) yang ditawarkan dalam tiga versi. Dengan basis 265 ci yang menggunakan karburator 2 barrel yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 165 tenaga kuda. Tenaganya dapat meningkat dengan mengaplikasi karburator empat barrel menjadi 185 tenaga kuda, dan versi dengan tenaga kuda yang lebih besar yaitu 195 tenaga kuda yang disebut dengan “power pack” yang mempunyai bukaan camshaft yang lebih tinggi, head dengan kompresi tinggi, dan dilengkapi dengan dual exhaust. Mesin jenis ini menjadi terkenal dikalangan penggemar hot rodder dan menjadi mesin pilihan untuk mengganti mesin dengan flat head pada mesin-mesin Ford yang beraliran hot rod.
Pada tahun 1955 “the big three automaker “ menawarkan mesin V-8 small block yang merupakan mesin V-8 dengan ukuran terkecil dengan kapasitas 265 ci seperti yang dipasang pada mobil Plymouth, Buick Nailhead non Hemi dan juga dipasang pada Dodge Hemi 241, yang membuat ukuran mobil tetap kecil dengan tenaga yang lebih besar. Seperti yang terpasang pada Oldsmobil dengan 324 ci. “Mesin Roket” pada Oldsmobile.
Chevy memasang mesin dengan power pack dan dilengkapi dengan transmisi 3 percepatan manual mampu berlari dari 0 sampai 80 km dalam waktu 8, 4 detik yang sangat menakjubkan pada saat itu.
Mengingat mesin itu diproduksi dalam waktu 15 minggu sejak ijin produksi diberikan oleh manajemen, para tehnisinya tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan test dynometer dan juga untuk mengetahui berapa tenaga kuda yang dihasilkan oleh mesin ini sebelum di jual secara massal. Mesin yang belum di test di prediksi mempunyai tenaga sekitar 185 tenaga kuda, dan ketika di pasarkan pada tahun 1956 yang telah dilengkapi pula dengan karburator dua barrel dengan sistim pernafasan yang lebih baik ternyata mampu menyemburkan 225 tenaga kuda…!!!
Mesin Power pack 1956 juga memakai karburator 4 barrel dan mampu menghasilkan 220 tenaga kuda. Pada tahun 1957 kapasitas block mesin ditingkatkan menjadi 283 ci. Mesin ini juga mempunyai kepala silinder dan katup yang lebih besar dan dilengkapi dengan dua buah karburator empat barrel dan mampu menghasilkan 245 tenaga kuda…!!! Versi High performance-nya dibuat dengan “high lift solid cam” dan dipasang pada mesin dengan silinder head dan katup yang lebih besar.sehingga mampu menyemburkan tenaga sebesar 270 tenaga kuda. Injeksi bahan bakar juga sudah mulai ditawarkan saat itu. Ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat membuat mesin yang mampu menelorkan 1 tenaga kuda per inchi kubiknya.
Model-model Chevrolet yang terkenal saat itu adalah, Impala (1958) Convair (1960 – 1969). Chevrolet mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan pasar otomotive di Amerika pada rentang waktu 1950 sampai 1960, satu dari 10 kendaraan yang dijual di Amerika pastilah Chevrolet.
Sumber : http://da-trooper-bali.com/
0 comments